Running Text

PEMETAAN INSTANSI KESEHATAN DI KABUPATEN PROBOLINGGO PROPINSI JAWA TIMUR. . . DISUSUN OLEH: FAIQOTUL AMINAH [12012476], NUR LAILA [13013199], NADIA [13013246] & SA'DIAH [13013256] STT NURUL JADID PAITON

Senin, 18 Juli 2016

KECAMATAN SUKAPURA

Kondisi Geografis Kecamatan Sukapura
Kecamatan Sukapura dengan luas 102,08 km² adalah wilayah Pemerintahan Kecamatan yang merupakan salah satu bagian wilayah Kabupaten Probolinggo yang terletak di bagian selatan kawasan kaki pegunungan Tengger pada kilometer 33 dari ibukota Kabupaten Probolinggo dengan batas-batas:
Utara   : Kecamatan Lumbang
Timur   : Kecamatan Kuripan dan Kecamatan Sumber
Selatan : Kecamatan Lumajang
Barat   : Kabupaten Pasuruan
Ditinjau dari ketinggian di atas permukaan air laut, letak Kecamatan Sukapura berada pada ketinggian 650-1800 meter.
Tanah di Kecamatan Sukapura adalah tanah mekanis yang banya mengandung mineral yang berasal dari ledakan gunung berapi yang berupa pasir dan batu, lumpur bercampur dengan tanah liat yang berwarna kelabu kekuning-kuningan. Sifat tanah semacam ini mempunyai tingkat kesuburan yang tinggi. Sehingga sangat cocok apabila ditanami sayur-sayuran.            
            Iklim di kawasan Kecamatan Sukapura sebagaimana di kecamatan lain di Kabupaten Probolinggo.  Kecamatan Sukapura beriklim tropis yang terbagi menjadi dua musim yakni musim penghujan dan musim kemarau. Musim penghujan terdiri pada bulan Oktober sampai April dan musim kemarau pada bulan April sampai Oktober.
            Temperatur udara di Kecamatan Sukapura seperti di kecamatan lainnya yang berketinggian 650 - 1800 meter di atas permukaan air laut yaitu suhu udaranya relatif dingin. (Kecamatan Sukapura Dalam Angka 2015).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar